Friday 20 December 2013

Khasiat Petai Cina

Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae atau polong-polongan, yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan. Tanaman ini berasal dari Amerika yang beriklim tropis.
Tanaman ini memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar. Daunnya majemuk terurai dalam tangkai berbilah ganda. Bunganya yang berjambul warna putih sering disebut cengkaruk. Buahnya mirip dengan buah petai, tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. Buah petai cina termasuk buah polong, berisi biji-biji kecil yang jumlahnya cukup banyak.
Petai Cina cocok hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter dpl. Pengembangbiakannya selain dengan penyebaran biji yang sudah tua juga dapat dilakukan dengan cara stek batang.
Banyak zat yang terkandung dalam petai cina, seperti yang bermanfaat bagi tubuh, seperti : kalsium, lemak, fosfor, zat besi, protein, serta vitamin A, B1, dan C. Adapun bijinya mengandung mimosin, leukanin, protein dan leukanol. Tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk berbagai macam penyakit. Dibawah ini beberapa tips mengkonsumsi petai cina untuk berbagai pengobatan.
1. Mengobati disentri
   Siapkan 15 g biji lamtoro, 30 g krokot, dan 400 cc air. Rebus semua bahan hingga tersisa setengahnya. Kemudian setelah dingin, saring dan minum airnya.
2. Mengobati diabetes
   Siapkan biji lamtoro yang sudah tua dan kering secukupnya. Sangrai biji lamtoro yang sudah tua dan kering secukupnya, kemudian ambil satu sendok makan dan campur dengan satu gelas air panas. Kemudian minum airnya satu gelas setiap hari.
3. Cacingan
   Siapkan biji petai cina yang sudah tua dan kering. Digoreng tanpa minyak dan ditumbuk halus (dibuat bubuk). Kemudian ambil 1 sendok dan diseduh dengan setengah sampai 1 gelas air panas (seperti membuat kopi). Diminum menjelang tidur malam.
4. Luka baru dan bengkak
   Siapkan daun petai cina secukupnya. Kemudian ditumbuk halus atau dikunyah. Tempelkan pada bagian yang luka/bengkak.
5. Meningkatkan gairah seksualitas
   Siapkan 5 g bubuk lamtoro, 5 g merica bubuk dengan 200 cc air, 2 butir kuning telur ayam kampung dan 1 sendok makan madu. Rebus bubuk lamtoro dan merica bubuk dengan air hingga tersisa setengahnya. Kemudian tambahkan kuning telur ayam kampung dan madu. Aduk hingga rata dan minum.

Selain beberapa manfaat di atas, petai cina juga harus diwaspadai karena mengandung zat miomsin yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Gejala racun mimosin akan nampak jika memakan petai cina secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Namun jangan khawatir untuk mengonsumsinya karena zat mimosin mudah sekali dihilangkan dengan cara merendam petai atau memanaskannya.

sumber : Hadila edisi 70

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More