Friday 20 December 2013

Beragam Manfaat Lengkuas

Semua orang pastilah mengenal lengkuas atau laos. Ya, salah satu bumbu dapur ini, selain bisa menyedapkan masakan, ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Lengkuas ternyata dapat digunakan sebagai obat herbal. Hal ini karena rimpang lengkuas mengandung minyak atsiri, minyak terbang, eugenol, kaemferida, galangan, galangol, saponin, flaronoida, polifenol dan kristal koning.
Bentuknya hampir sama dengan kunyit ataupun jahe. Lengkuas ini masih tergolong jenis umbi-umbian yang bisa kita jumpai di daerah dataran tinggi dan rendah. daun lengkuas berbentuk bulat panjang. Daun bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja sedang bagian atas lengkap dengan helaian daun. Bunganya muncul pada ujung pohonnya. Tanaman ini memiliki batang semu seperti jahe, tapi tingginya bisa sampai 2 m. Daunnya pun lebih lebar. Lengkuas yang subur panjang daunnya bisa setengah meter dan lebarnya 15 cm.
Lengkuas ada yang berimpang putih, ada pula yang berimpang merah. Di negara kita dua jenis lengkuas ini tumbuh. Dibandingkan lengkuas putih, lengkuas merah ukurannya lebih besar dan khasiatnya untuk obat lebih banyak. Dan berikut ini beberapa khasiat dari lengkuas dan cara meraciknya.

1. Rematik
   Siapkan 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 1 butir telur ayam kampung. Parut rimpang lengkuas lalu diperas dan ambil airnya. Campur dengan kuning telur ayam kampung mentah. Kemudian aduk keduanya sampai merata. Minum 1 kali sehari.
2. Bronkhitis
   Siapkan 1 jari rimpang lengkuas merah, 2 sendok makan madu. Parut rimpang lengkuas, ambil airnya. Tambahkan setengah cangkir air masak dan madu, remas sampai rata. Diperas dan disaring. Minum hangat-hangat ramuan tersebut 3 kali sehari.
3. Diare
   Siapkan 1 rimpang lengkuas merah, madu secukupnya. Rimpang lengkuas diparut, lalu itambahkan setengah cangkir air masak, dan madu kemudian diperas dan disaring. Ramuan ini diminum 2 kali sehari.
4. Radang lambung dan usus lemah
   Siapkan rimpang lengkuas secukupnya. Cuci bersih rimpang lengkuas. Tumbuk sampai halus dan saring airnya. Airnya diminum secara teratur.
5. Sakit limpa
   Siapkan 2 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang umbi temulawak sebesar ibu jari, 1 genggam daun meniran. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih. Minum air rebusannya 2 kali sehari, pagi dan sore sebanyak 1 cangkir.
6. Campak
   Siapkan 4 rimpang lengkuas sebesar ibu jari, 1 sendok teh minyak kayu putih, 2 sendo teh minyak gandapura. Rimpang lengkuas diparut halus kemudian dicampur dengan bahan lainnya. Ramuan tersebut digunakan sebagai obat luar.

Selain beberapa manfaat diatas, kita juga bisa mengkonsumsi lengkuas secara langsung, jika mengalami mabuk saat berasa di kapal. Selain itu dengan mengunyah lengkuas secara langsung, rasa mual juga bisa berkurang.

sumber : Hadila edisi 69

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More