Thursday 4 July 2013

100% GREEN

Go green memang tidak jauh namanya dengan menanam pohon, walaupun menanam pohon adalah pengertian paling simple dari perilaku go green itu sendiri. Masih ada aksi-aksi lain seperti yang tercakup pada 3 prinsip dasar dari gerakan ini yakni 3R. Reduce, reuse dan recycle.
Pasti sudah pada jago kan nerjemahinnya? Ya, penjelasan panjangnya, reduce berarti mengurangi sampah yang kita hasilkan atau mengurangi penggunaan bahan-bahan yang bisa merusak, reuse berarti menggunakan kembali barang-barang yang masih bisa kita gunakan walaupun sudah bekas, serta recycle yang berarti mendaur ulang barang yang sudah terpakai.
Banyak hal yang bisa dikategorikan dalam 3 prinsip go green. Dan tentunya banyak pihak juga yang bisa ikut andil dalam misi penyelamatan bumi ini. Termasuk kita sahabat. Justru, pemuda-pemuda seperti kita ini yang seharusnya berdiri di garda terdepan buat melakukan aksi nyata penyelamatan bumi ini. Kita bisa jadi sang pahlawan hijau penyelamat bumi, the real green teen.
Fakta terjadinya pemanasan global sudah gamblang di depan mata lho sobat. Maret 2008 tercatat sebagai bulan terpanas dalam sejarah dunia. Laporan Pusat Data Iklim Nasional NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) menyatakan rata-rata suhu daratan di dunia sepanjang Maret 2008 adalah 4,9 derajat celcius atau 1,8 derajat lebih tinggi dari suhu rata-rata sepanjang abad ke-20. Suhu global mengalami tren kenaikan dalam beberapa dekade terakhir. Para pakar cuaca dan iklim yakin hal tersebut erat kaitannya dengan emisi gas buang dari pabrik dan kendaraan bermotor ke atmosfer yang menyebabkan efek rumah kaca.
Ada apakah gerangan dengan bumi ini? Sebenarnya, Jawabannya telah tercatat dalam Al Quran. Memang kondisi bumi yang kini kian memburuk sejatinya karena ulah manusia itu sendiri. 
"Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan disebabkan karena perbuatan tangan (maksiat) manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)" (QS Ar Ruum:41)
Mencengangkan dan mengerikan bukan? Maka dari itu, bumi sudah benar-benar butuh penyelamat, butuh para pahlawan hijau yang bisa menyelamatkannya dari keadaan lebih parah lagi. Dan itu, termasuk tugas kita sebagai generasi muda.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More