Wednesday 25 December 2013

Sari Jahe, Hangatkan Tubuh Hingga Turunkan Kolesterol

Sejak jaman dahulu, jahe sudah lazim digunakan sebagai rempah-rempah pelengkap bumbu masakan dan juga obat tradisional. Tanaman rempah ini juga menjadi komoditi sebagai bahan obat-obatan, kosmetik ataupun minuman.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari Jahe :
1.  Meredakan gejala  masuk angin
     Karena mempunyai sifat antitoksin, antijamur dan antivirus, jahe bisa meredakan gejala masuk angin.              Jahe juga bermanfaat untuk menangkal flu saat dingin musim hujan.
2.  Meredakan sakit gigi
     Sifat antijamur dan antibakteri yang dimiliki jahe dapat meringankan nyeri pada gusi dan sakit gigi.
3.  Meredakan sakit perut
     Sifat analgesik dan menenangkan pada jahe merupakan obat mujarab untuk meredakan sakit perut dan          diare.
4.  Membantu kerja sistem pencernaan
     Jahe berfungsi membersihkan usus besar, meningkatkan produksi cairan pencernaan, dan memudahkan        buang air besar. Enzim pencernaan yang terkandung dalam jahe, protease dan lipase dapat membantu            mencerna lemak dan protein.
5.  Meredakan migrain
     Sebuah studi ilmiah menunjukkan jahe dapat menghentikan prostaglandin, faktor yang dapat                          menyebabkan sakit pada kepala. Oleh karena itu, jahe dapat menyembuhkan migrain atau sakit kepala          sebelah.
6.  Mencegah siklus menstruasi tak teratur
     Di Cina, masyarakatnya mencampur teh dengan jahe dan gula merah untuk mengurangi kram pada saat          menstruasi.
7.  Meredakan morning sickness
     Jahe dapat menyembuhkan rasa mual, perut kembung, dan ingin muntah di pagi hari yang dialami wanita        hamil (morning sickness).
8.  Meredakan bengkak dan rasa perih
     Dalam dunia medis, sari jahe disertakan dalam obat penghilang rasa sakit, luka dan infeksi. Jahe juga            memiliki sifat anti-inflamasi sehingga efektif mengurangi rasa sakit akibat rematik.
9.  Menguatkan sistem imun
     Saat terserang gejala flu, dianjurkan untuk minum air jahe hangat guna membantu menguatkan daya tahan      tubuh. Konsumsi jahe akan membuat Anda berkeringat, salah satu cara alami untuk menyembuhkan sakit      flu.
10. Menurunkan kadar kolesterol

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More