Sunday 22 December 2013

Apotek Hidup

Kesehatan merupakan harta termahal dan terpenting bagi setiap manusia. Tanpa kesehatan seorang manusia tidak akan dapat menikmati hidupnya. Makan lezat terasa pahit, kesempatan indah terbuang sia-sia bahkan ibadahpun sulit dilakukan ketika sehat hilang. Pada saat itu mungkin kita juga akan memikirkan biaya berobat ke rumah sakit atau dokter yang terbilang tidak murah, apalagi mereka yang berpenghasilan kecil. 
Pembangunan nasional di bidang kesehatan adalah terciptanya kemampuan hidup sehat setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari pembangunan nasional. Untuk terwujudnya tujuan tersebut perlu peran serta masyarakat guna memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat-obatan. Karena tanaman ini sangat besar manfaatnya bagi masyarakat itu sendiri. Selain untuk dikonsumsikan, juga dapat dijadikan obat tradisional bahkan dapat menambah penghasilan masyarakat dari hasil penjualan tanaman apotek hidup tersebut.
Indonesia kaya akan sumber bahan obat alam dan obat tradisional yang telah digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia secara turun temurun. Keuntungan obat tradisional yang dirasakan oleh masyarakat adalah kemudahan untuk memperolehnya dan bahan bakunya dapat ditanam di pekarangan sendiri, murah dan dapat diramu sendiri dirumah. Hampir setiap orang Indonesia pernah menggunakan tumbuhan obat untuk mengobati penyakit atau kelainan yang timbul pada tubuh selama hidupnya, baik ketika masih bayi, kanak-kanak maupun setelah dewasa. Dan diakui serta dirasakan manfaat tumbuhan obat ini dalam penyembuhan penyakit yang diderita.
Tumbuh-tumbuhan termasuk salah satu sumber senyawa bahan alam hayati yang memegang peranan penting dalam pemanfaatan zat kimia berkhasiat yang terdapat di alam. Hampir setiap daerah di Indonesia mengenal ramuan obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan yang digunakan untuk pengobatan penyakit tertentu secara tradisional, baik yang telah dilakukan oleh nenek moyang kita maupun masyarakat pada masa sekarang ini sebagai apotek hidup.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More